642 Jalhaj NTT Menuju Tanah Suci

Kupang, 19/10 (ANTARA) - Sebanyak 642 calon jamaah haji Nusa Tenggara Timur, Kelompok Terbang 77 dan 78 siap diterbangkan ke Tanah Suci melalui Embarkasi Surabaya menuju Bandara King Abdul Azis Jeddah pada hari ini, Jumat, pukul 09.05 WIB.
"Kloter 77 sebanyak 444 orang direncanakan berangkat pukul 09.05 dan diperkirakan tiba di Jeddah pukul 15.30 Waktu Arab Saudi atau 20.30 WIB," Kepala Seksi Pembinaan Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi NTT Arsyad Karabi, melalui telepon selularnya di Surabaya, Jumat.
Sementara katanya Kloter 78 dan merupakan kloter gabungan calon jamaah haji asal Jawa Timur, Bali dan NTT dan khusus yang berasal dari NTT sebanyak 197 orang direncanakan berangkat pukul 11.05 WIB dan diperkirakan akan tiba di Jeddah pukul 17.30 Waktu Arab Saudi (WAS) atau 22.30 WIB.
"Semua calon jamaah haji dan hajah sudah siap untuk diberangkatkan panitia penyelenggara ibadah haji pagi ini setelah pada Kamis, sekitar pukul 15.00 WIB semuanya telah berada di Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) dan tinggal dilepas," katanya.
Sebanyak 642 calhaj asal NTT itu segera dilepas Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama NTT Eusabius Binsasi dan diharapkan sesuai jadwal dan berjalan lancar seperti tahun-tahun sebelumnya termasuk ketika tiba di Tanah Suci.
Dia mengatakan, pelayanan terhadap calon jamaah di AHES itu sejak kemarin berjalan baik sesuai standar sejak mendarat di Bandara Juanda Surabaya hingga dijemput ke asrama Sukolilo.
"Pelayanan haji di Embarkasi Surabaya yang melayani 80 kelompok terbang (kloter) calon haji dari Jatim, Bali, dan NTT, saat ini tengah memberangkatkan calon jamaah dari daerah lain, sehingga dengan demikian, kesiapannya tidak diragukan lagi untuk memberangkatkan calon jamaah
Menteri Agama Suryadharma Ali menilai sejauh ini layanan bagi jamaah Indonesia terlihat lebih baik dari pada tahun lalu dan berharap kondisi ini terjaga hingga masa kepulangan nanti.
"Untuk sementara layanan jamaah haji kita lebih baik dibandingkan tahun lalu," kata Suryadharma saat ditemui di Bandara King Abdul Azis Jeddah, Kamis.
Indikasi lebih baik itu antara lain terlihat dari layanan di imigrasi yang kini lebih cepat dibanding tahun lalu, yakni berkisar 1-2 jam sementara tahun lalu hingga 3-4 jam, begitu juga kedatangan pesawat yang juga lebih tepat waktu meski diakuinya ada beberapa yang masih terlambat.
Dia juga menyatakan jarak pemondokan di Mekkah cukup baik, karena masih sama dengan tahun lalu yakni maksimal 2,5 kilometer, meski sebelumnya pemerintah Kota Makkah membongkar sebagian besar gedung pemondokan dan hotel di sekitar Masjidil Harram.
Sementara di Madinah, jarak rata-rata dari hotel ke Masjid Nabawi relatif dekat yakni terjauh 650 meter dan atau lebih dekat dibandingkan tahun lalu.
Kepala Seksi Pelayanan Haji dan Umroh Bidang Urusan Agama Islam Kantor Wilayah Kementerian Agama NTT Gafur Jafar, mengatakan, pada musim haji 2012 Nusa Tenggara Timur mendapat kuota asli sebanyak 650 orang dan dari total tersebut sebanyak 651 orang calon haji merupakan calon jamaah haji reguler.
Dari total tersebut, empat orang mendapatkan mutasi karena tugas sehingga jumlah akhir 642 orang, diantaranya tiga orang tenaga para medis, dua orang petugas kloter dan sisanya masuk kategori calon haji khusus atau sebagai Tim Pendamping Haji Daerah (TPHD).
Ia menyebut total tersebut berasal dari 21 kabupaten/kota di NTT diantaranya Kabupaten Kupang sebanyak 23 calon jemaah haji, Kabupaten Timor Tengah Selatan 23 orang, Kabupaten Timor Tengah Utara 15 orang, Kabupaten Belu 42 orang.
Berikut Kaupaten Rote Ndao 11 orang, Kabupaten Alor 32 orang, Kabupaten Lembata sembilan orang, Kabupaten Flores Timur 25 orang, Kabupaten Ende 80 orang, Kabupaten Nagekeo 20 orang, Kabupaten Ngada 13 orang , Kabupaten Manggarai 20 orang.
Selanjutnya Kabupaten Manggarai Barat 68 orang calon jamaah haji, Kabupaten Sumba Timur 15 orang dan Kabupaten Sumba Barat 11 orang.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.