Jamaah Jangan Bawa Kerikil Muzdalifah Ke Indonesia

Makkah, 23/10 (ANTARA) - Jamaah haji diimbau untuk tidak membawa kerikil Muzdalifah ke Indonesia dengan alasan apa pun, apalagi menjadikannya sebagai jimat.
Kepala Bidang Bimbingan Haji Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia di Saudi Surahmat di Makkah, Selasa, mengatakan pada setiap musim haji ada saja perilaku iseng hingga bid'ah yang dilakukan jamaah, termasuk menganggap batu kerikil Muzdalifah sebagai benda yang memiliki barokah lalu menyimpannya.
"Beragam alasan jamaah menyimpan batu kerikil Muzdalifah yang biasa digunakan untuk melontar jumrah, yakni sebagai kenang-kenangan dan ada menjadikannya sebagai jimat," kata Surahmat.
Sesungguh bukan karena alasan batu tersebut memiliki kelebihan atau apa pun juga, tetapi karena pada dasarnya setiap jamaah dilarang mengambil apa pun yang bukan haknya selama di tanah suci.
Di Muzdalifah, jamaah disunnah mengambil batu kerikil untuk melontar jumarah di Mina.
"Minimal tujuh batu kerikil untuk melontar jumrah Aqaba di Mina. Kerikil yang dikumpulkan sebesar biji kacang," kata Surahmat.
Muzdalifah terletak di antara Ma'zamain (dua jalan yang memisahkan dua gunung yang saling berhadapan) Arafah dan lembah Muhassir. Luas Muzdalifah adalah sekitar 12,25 kilometer persegi. Di sana terdapat rambu-rambu pembatas yang menentukan batas awal dan akhir Muzdalifah.
Jamaah berangkat ke Muzadalifah setelah wukuf di Arafah pada Kamis (25/10) atau 9 Zulhijjah, yakni setelah matahari terbenam sambil membaca talbiyah.
Di Muzdalifah jamaah disarankan melakukanlah shalat Maghrib dan Isya dengan jama dan qhasar lalu menetap (mabit) hingga Shubuh. Setelah selesai shalat, diimbau untuk memperbanyak doa dan zikir hingga hari tampak mulai terang, sambil menghadap kiblat dan mengangkat kedua tangan, mengikuti tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam lalu bergerak ke Mina.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.