DPR : Tenaga Kesehatan Sudah Lakukan Tugas Maksimal

Mekkah, 22/10 (ANTARA) - Tim Pengawas Haji DPR RI menilai tenaga kesehatan sudah melakukan tugas secara maksimal meskipun dengan kondisi terbatas.
Dua anggota Komisi IX DPR yang menjadi anggota Tim Pengawas Haji 2012, Putih Sari (Fraksi Gerindra) dan Churmania Abdul Halim (Fraksi PKB) seusai meninjau Balai Pengobatan Haji Indonesia di Mekkah, Senin, mengatakan, jika dibandingkan dengan jumlah dokter dan petugas kesehatan yang sekitar 300-an dan jumlah anggota jamaah yang 211.000 orang maka apa yang dilakukan sudah maksimal.
"Kami memberi apresiasi kepada tugas kesehatan yang sudah bekerja dengan baik dan penuh dedikasi melayani jamaah haji," kata Putih.
Pada kunjungan tersebut Putih dan sejumlah anggota tim pengawas lainnya melihat fasilitas dan kondisi pasien di ruang perawatan dan tuang ICU.
Di Balai Pengobatan Haji Indonesia Mekkah hari ini terdapat 114 jamaah yang dirawat dan 35 dirujuk ke RS Arab Saudi.
Data jamaah yang meninggal di wilayah Mekkah per-21 Oktober sebanyak 72 orang, sementara total jamaah meninggal baik di Mekkah, Madinah dan Jeddah saat ini sebanyak 97 orang.
Pada kesempatan itu sempat juga ditanyakan tentang fasilitas ruangan di penginapan jamaah yang dinilai kurang memadai, Kasie Pelayanan Kesehatan Mekkah Muhammad Ilyas mengatakan bahwa memang ada ketentuan internasional tentang rasio jumlah pasien dengan ruangan diperlukan dalam pelayanan kesehatan yakni 1:4 meter.
Namun, kondisi di lapangan, khususnya di penginapan (pemondokan) pada musim haji termasuk dalan kategori kondisi darurat sehingga acapkali kebutuhan ruangan tidak bisa dipenuhi karena keadaan.
Sementara petugas kesehatan lain dalam kesempatan berbeda mengatakan dalam memberi pelayanan kesehatan banyak hal yang harus mengacu pada ketentuan di Arab Saudi, termasuk batas layanan yang boleh diberikan oleh BPIH.
Dia memberi contoh, bahkan jika terjadi kecelakaan dan jamaah meninggal maka petugas kesehatan Indonesia tidak boleh mengambil tindakan.
Petugas yang berwenang menangani mayat adalah petugas kesehatan Saudi, termasuk yang mengeluarkan keterangan resmi dan alasan atau penyebab jamaah meninggal.
(T.E007
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.