Delapan Calhaj Plus Gresik Desak Pengembalian Bpih

Gresik, 22/10 (ANTARA) - Delapan calon haji jalur khusus (ONH Plus) asal Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mendesak salah satu biro perjalanan haji PT Cahaya Pilihan mengembalikan Biaya Penyelenggara Ibadah Haji (BPIH) yang masing-masing sebesar Rp75 juta.
Desakan itu disampaikan Nurul Hakim, salah satu keluarga calon haji plus dari pasangan M Sairi Turin Sapuan (58) dan Siti Rukiyah Kasriman Katiya (54), warga Dusun Sidorejo, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik, dengan mendatangi Balai Wartawan setempat, Senin.
"Dua mertua saya itu mendaftar lewat KH Latif yang menjadi agen biro perjalanan haji PT Cahaya Pilihan pada Februari 2010 dan menyetor uang masing-masing sebesar Rp75 juta, serta dijanjikan berangkat pada musim haji 2012, tepatnya 19 Oktober lalu," kata Nurul.
Namun, kenyataanya tidak jadi berangkat, padahal sudah mendapat perlengkapan haji dari biro bersangkutan di antaranya tas dan sejumlah berkas pemberangkatan serta bukti pembayaran dari Bank Bukopin.
Nurul mengaku, dirinya telah mengecek data mertuanya itu di sistem informasi komputerisasi haji terpadu (Siskohat) Asrama Haji Embarkasi Surabaya (AHES) di Sukolilo, Surabaya.
"Dalam sistem itu data mertua saya telah terdaftar dengan nomor 309008625 dan nomor 30901165. Namun kok tidak bisa berangkat. Ini ada apa, jangan-jangan ditipu, karena itu kami minta uang BPIH dikembalikan," katanya kepada wartawan.
Nurul mengaku, ada juga enam calon haji plus lainnya dari Dusun Ngablak, Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik yang mendaftar bersama mertuanya, dan dijanjikan berangkat tahun ini namun gagal.
Menanggapi hal itu, agen biro perjalanan haji PT Cahaya Pilihan, KH Latif ketika dikonfirmasi mengakui jika telah terjadi masalah, yakni adanya pengetatan calon haji jalur khusus oleh Kedutaan Indonesia di Jeddah.
"Kami belum bisa memberi informasi pada jamaah yang mendaftar, dan itu bukan gagal berangkat, melainkan kami tunda karena adanya aturan pengetatan untuk calon haji plus," katanya kepada wartawan.
Dikatakannya, untuk calon haji yang sudah terlanjur daftar akan masuk daftar tunggu haji jalur plus dengan masa tunggu 3-4 tahun.
"Kami berjanji untuk calon haji jalur plus yang sudah menyetorkan uang akan mendapatkan umroh pada April 2013 secara gratis, dan kalau mereka minta dikembalikan akan kami kembalikan secepatnya," katanya.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.