Jemaah Di Rumah Tak Berdapur Dapat Kompensasi

Mekkah, 18/10 (ANTARA) - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Anggito Abimayu mengatakan jemaah haji yang pondokannya tidak memiliki dapur di Mekkah, akan diberi kompensasi makan dua kali sehari karena seharusnya jemaah haji dapat memasak di Mekkah.
"Di Medinah memang jemaah haji diberi jatah makan dan tidak boleh memasak. Tapi di Mekkah boleh," kata Anggito, di Mekkah, Kamis, sekaligus menjelaskan empat hal yang menjadi perhatiannya pada musim haji tahun ini, masing-masing Nakobah (transportasi), katering, pelayanan tambahan dari pemerintah daerah dan kejahatan.
Terkait dengan banyaknya kehilangan dan pencurian yang dialami jemaah Indonesia, ia menyatakan, solusi terbaik adalah memanfaatkan pelayanan bank. Masalahnya, pihak bank seperti BRI, BNI dan Bank Mandiri belum siap memberi peran agar para jemaah tidak perlu lagi membawa uang 'cash' tapi cukup dengan kartu misalnya dalam bertransaksi.
Seharusnya para jemaah haji tidak lagi membawa uang tunai, tapi semuanya bisa dilakukan dengan transaksi lewat bank, katanya. Dengan pemanfaatan peran perbankan secara lebih besar, maka diharapkan kejahatan terkait uang tunai berkurang, tambahnya.
Mengenai transportasi, lanjutnya, bus yang membawa jemaah dari Medinah tergolong kecil dan tas para jemaah biasanya 'membengkak' (jemaah belanja) di Medinah. Ada bus yang lebih baik dan lebih nyaman, tapi sewanya lebih mahal, sehingga akan dicari solusi terbaiknya di masa-masa mendatang.
Berkenaan dengan adanya subsidi pemerintah daerah terhadap para jemaahnya di Tanah Suci, kata Anggito, akan dikoordinasikan dengan membentuk satu layanan terpadu bidang transportasi dan juga terkait katering dari subsidi pemerintah daerah asal jemaah.
Tahun ini kuota haji Indonesia masing-masing 194.000 jemaah reguler dan 17.000 jemaah khusus. Sampai Kamis pagi 90 persen jemaah Indonesia telah berada di Mekkah. Tanggal 20 Oktober 2012 merupakan hari terakhir kedatangan jemaah ke Arab Saudi.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.