Satu Calon Haji Positif Hamil Batal Berangkat

Gorontalo, 18/10 (ANTARA) - Satu orang calon haji kloter 38 asal Kota Gorontalo, yang ketahuan positif hamil, batal diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.
Kepala bidang Urusan Agama Islam dan penyelenggara Haji pada Kementerian Agama Provinsi Gorontalo, Sabara K. Ngou, Kamis, mengungkapkan perempuan berusia 35 tahun yang tercatat dalam rombongan tiga regu sembilan pada kloter 38 itu, akhirnya dibatalkan keberangkatannya.
Dia menjelaskan, sesuai ketentuan kesehatan, usia kehamilan satu hingga empat bulan tidak bisa diberangkatkan karena sangat berisiko dan rentan mengalami keguguran.
"Yang mendapat rekomendasi kesehatan, hanya usia kehamilan empat hingga enam bulan, itupun jamaah bersangkutan harus membuat surat pernyataan," katanya.
Sementara untuk usia kehamilan enam bulan keatas, juga berisiko tinggi.
Sebelumnya, kata dia, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) sempat curiga dengan ibu muda bernama Karmilawati itu, sebab pada saat pemeriksaan kesehatan, jamaah bersangkutan tidak pernah mengunjungi Pos Kesehatan yang ada di Asrama Embarkasi Haji Antara (EHA).
Pihaknya berkali-kali memanggil melalui pengeras suara pada posko informasi, namun tetap yang bersangkutan tidak menggubris, hingga akhirnya petugas haji berinisiatif mencarinya di kamar asrama.
Pada saat pemeriksaan itulah, Karmilawaty terdeteksi tengah hamil, saat itu juga PPIH langsung mengembalikan jamaah tersebut ke rumah kediamannya, yang diterima langsung oleh suaminya.
Jamaah Calon Haji Kloter 38 asal Kota Gorontalo, resmi diberangkatkan Rabu (17/10) kemarin, sedang ibu hamil yang batal berangkat tersebut, lanjut Sabara, akan diberangkatkan pada musim haji tahun depan.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.