Omzet Penjualan Olah-Oleh Haji Meningkat

Palembang, 23/10 (ANTARA) - Omzet penjualan beragam oleh-oleh haji di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang, Sumatera Selatan meningkat signifikan sejak dua pekan terakhir.
Haikal (34), salah seorang pedagang di Pasar 16 Ilir Palembang, Selasa mengatakan, penjualan berbagai oleh-oleh khas haji, seperti sajadah dan makanan khas Arab meningkat.
"Dua minggu ini pembeli setiap hari berbondong-bondong datang ke toko kami untuk membeli beragam cendera mata khas haji," katanya.
Menurut dia, mereka menjual beragam sajadah dengan harga kisaran Rp800 ribu sampai Rp900 ribu per kodi (satu kodi=20 lembar) yang setiap hari terjual puluhan kodi, padahal sebelumnya untuk menghabiskan satu kodi saja susah.
Sedangkan air zamzam dijual Rp270 ribu per sepuluh liter. Selain itu mereka juga menyediakan kurma, kacang arab dan kismis.
Ia mengatakan, permintaan oleh-oleh haji tersebut sampai kini terus meningkat dan diperkirakan tetap akan berlangsung hingga kepulangan jamaah haji.
Pembeli berasal dari berbagai daerah di Sumatera Selatan, seperti Lahat, Ogan Komering Ulu, Pagaralam, Musi Banyuasin, Ogan Komering Ilir, Kota Prabumulih, Muaraenim, Empat Lawang dan Banyuasin.
Irawan (39) warga Palembang menambahkan, sengaja membeli oleh-oleh haji untuk bapak dan ibunya yang berangkat ke tanah suci.
"Oleh-oleh haji tersebut dibeli di sini agar meringankan beban orang tuanya yang menunaikan ibadah haji di tanah suci ketika kembali ke tanah air tidak perlu lagi membeli oleh-oleh, karena sudah disiapkan," katanya.
Kasihan dengan bapak dan ibu ketika kembali ke tanah air, karena koper yang dibawanya dari Mekkah sudah cukup merepotkan, jika harus ditambah dengan oleh-oleh lagi, katanya.
Sementara di Kota Palembang, saat ini penjual oleh-oleh sudah marak sehingga tidak perlu jauh-jauh membeli di tanah suci.
Dia menjelaskan, orangtuanya yang berangkat haji juga bisa lebih fokus beribadah karena tidak perlu lagi memikirkan oleh-oleh.
Harga oleh-oleh di pasar tradisional terbesar di Sumsel itu juga terjangkau begitu juga dengan kualitasnya tak diragukan, karena memang didatangkan dari Arab Saudi.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.