Agung: Pelayanan Pemberangkatan Baik Dan Lancar

Jeddah, 21/10 (ANTARA) - Menko Kesra Agung Laksono menyatakan hingga saat ini, setelah penutupan penerbangan haji ke Saudi, pelaksanaan pelayanan pemberangkatan dapat berlangsung baik dan lancar.
Penilaian yang sama juga disampaikan Sekjen Kemenag Bahrul Hayat di Bandara King Abdul Azis Jeddah, Minggu dinihari. Kelompok terbang terakhir mendarat di Jeddah adalah LOP 15 dari Lombok dan BDJ 16 Banjarmasin dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia GA 8116 pada 23.15 waktu Saudi atau 03:15 WIB.
Agung mengatakan memang terdapat insiden terbakarnya koper jamaah bersama sebuah bus yang mengangkutnya, tetapi diluar itu dapat dikatakan pelayanan haji berlangsung dengan baik.
Terkait dengan kebakaran bus tersebut, Pemerintah sudah meminta kepada konsorsium perusahaan bus Saudi (Naqabah) untuk menyediakan bus maksimal berusia empat tahun.
"Perhitungannya, jika usia bus masih di bawah empat tahun maka lebih baik dan nyaman," kata Agung. Namun, dia menyadari menyediakan bus bagi semua jamaah Indonesia dalam waktu cepat tidak mudah.
Di sisi lain, Agung mengatakan bahwa dirinya berhaji disamping beribadah, juga menjalankan tugas negara untuk mengawasi pelaksanaan haji tahun ini.
Semua hasil pantauan dan koordinasi dengan instansi terkait akan dilaporkannya pada Wakil Presiden Boediono yang juga berhaji atas undangan Kerajaan Saudi pada tahun ini.
Sementara itu , Sekjen Kemenag Bahrul mengatakan waktu mendarat pesawat juga lebih baik jika dibandingkan tahun lalu. Dia juga bersyukur karena tidak ada gangguan yang membuat embarkasi dipindahkan karena adanya bencana seperti dua tahun lalu.
Protes keras
Mengenai transportasi bus, Sekjen menyatakan pihaknya sudah mengajukan protes keras dan meminta agar kenyamanan dan keamanan jamaah menjadi prioritas utama.
Sementara berdasarkan pantauan katering di Madinah, Bahrul mengatakan bahwa kualitasnya semakin baik. Dia juga memberi perhatian pada katering di Arafah, Muzdalifah dan Mina nanti.
"Kita berharap dengan ketatnya perhatian kita dan selalu mengingatkan Muasasah dan perusahaan maka pelayanan katering di Armina bisa lebih baik dibandingkan tahun lalu," kata Bahrul.
Pada pelayanan kesehatan juga sudah dilakukan koordinasi dengan rumah sakit di Makkah untuk pelayanan di Armina dan pascaarmina.
Biasanya jamaah yang sakit melaksanakan safari wukuf ke Arafah dengan ambulans, sementara pascaarmina jumlah jamaah yang membutuhkan pelayanan kesehatan meningkat.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.