Dirjen: Tahun Depan Jemaah Uzur Prioritas Sejak Awal

Mekkah, 20/10 (ANTARA) - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Anggito Abimayu mengatakan tahun depan diberlakukan kebijakan jemaah berusia 80 tahun ke atas diprioritaskan sejak awal bersama pendampingnya.
"Sekarang prioritas memang jemaah usia lanjut tapi sebagai pengisi kursi kosong dari jemaah batal berangkat sehingga dalam prakteknya sulit menempatkan pendampingnya," kata Anggito di Mekkah, Sabtu, usai mengunjungi persiapan proses ibadah di lokasi Arafah, Muzdalifah dan Mina.
Mulai tahun depan, katanya, sejak awal proses seleksi akan diprioritaskan kouta bagi jemaah berusia 80 tahun ke atas bersama pendampingnya. Dengan demikian, masalah yang dihadapi seperti gangguan fisik di Tanah Suci diharapkan akan berkurang, tambhnya.
Sedangkan terkait dengan jemaah nonkuota yang pernah menjadi masalah ketika di Mina, lanjutnya, tahun ini berkurang dari ribuan menjadi 120-an orang sehingga diharapkan tidak terjadi perselisihan pendapat antara jemaah kuota dengan jemaah nonkuota.
Jemaah nonkuota yang visanya diberikan langsung oleh pihak Kedubes Arab Saudi seperti tahun-tahun sebelumnya pernah menempati maktab-maktab jemaah kuota di Mina dan juga mengambil jatah makanan jemaah berkuota.
"Tahun ini jumlahnya sedikit, hanya sekitar 120 orang, sedangkan tahun lalu mencapai ribuan. Tahun ini memang saya ketat dan juga Dubes Arab," kata Anggito terkait jemaah nonkuota tersebut.
Sementara, ketika menjawab konfirmasi terkait intervensi pihak-pihak pemangku kepentingan seperti dari kalangan legislatif, eksekutif dan militer terkait permintaan membantu meloloskan orang-orang tertentu beribadah haji, Anggito tidak menampik adanya permintaan tersebut dari yang bersifat permohonan sampai semacam upaya pemaksanaan kehendak.
"Yang diusulkan itu antara lain anggota keluarga, konstituen dan kerabat," kata Dirjen Anggito.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.