Pengelola Haji Plus Kembalikan Dana Calon Jamaah

Palu, 19/10 (ANTARA) - PT. Babussalam Citra Mandiri Travel, sebuah perusahaan pengelola umroh dan haji plus di Palu mengembalikan ratusan juta rupiah dana calon haji yang batal berangkat ke Arab Saudi pada musim haji tahun ini.
Direktur Operasional Babassalam Citra Mandiri Travel Ishak di Palu, Jumat, mengatakan dari 36 calon haji yang rencananya diberangkatkan melalui fasilitas yang disediakan perusahaan, delapan di antaranya meminta dananya dikembalikan.
"Total dana yang kami kembalikan tadi sebesar Rp767,5 juta. Dana itu terdiri atas setoran haji sebesar Rp91 juta, dana titipan qurban Rp2,5 juta per calon haji," katanya.
Ishak mengatakan, selain dana setoran haji tersebut dirinya juga memberikan dana pengganti transportasi sebesar Rp1 juta per calon haji karena sebagian dari calon haji tersebut berasal dari luar Kota Palu.
Dia mengatakan, 28 calon haji lainnya yang batal berangkat tidak menarik dananya dan tetap mempercayakan kepada Babussalam untuk memberangkatkan mereka pada musim haji 2013 mendatang.
Ishak mengatakan, 36 calon haji yang batal berangkat tahun ini bukan kesengajaan dari perusahaan, namun Kedutaan Arab Saudi untuk Indonesia tidak memberikan tambahan kuota dari 17 ribu orang yang diberikan untuk perjalanan haji plus Indonesia tahun ini.
"Pengelola haji plus dari seluruh Indonesia meminta tambahan kuota sebanyak 5.000, tetapi permintaan itu tidak disetujui kedutaan," katanya.
Ishak mengatakan, sebelumnya Kedutaan Arab Saudi sudah berjanji kepada Babussalam akan memberangkatkan calon haji yang dikelola perusahaan itu.
Dia mengatakan, Babussalam bahkan sudah membeli tiket ke Saudia Airlines dengan nomor penerbangan SV819, tetapi sampai batas waktu yang dijanjikan oleh kedutaan, visa dari para calon haji belum juga dikeluarkan pihak kedutaan.
"Berdasarkan janji dari kedutaan itulah kami berjanji ke calon haji, tetapi sampai batas waktu, visa calon haji belum keluar," katanya.
Hal ini, kata dia, tidak saja terjadi di perusahaan Babussalam, namun juga perusahaan pengelola haji plus lainnya di Indonesia.
Sementara itu Sekretaris Babussalam Citra Mandiri, Sumitro mengatakan, pihak kedutaan Arab Saudi berjanji akan menunggu calon haji dari Sulawesi Tengah tanggal 12 Oktober 2012.
Dia mengatakan, atas janji tersebut sehingga perusahaan menjadwalkan 13 Oktober jamaah akan diterbangkan dari Jakarta ke King Abdul Aziz di Jeddah.
"Untungnya calon haji belum kami berangkatkan ke Jakarta," katanya.
Sumitro mengatakan, besar keyakinan perusahaan akan memberangkatkan calon haji karena paspor dari calon haji tersebut masih berada di Kedutaan Arab Saudi.
Musim haji tahun ini, Babussalam hanya memberangkatkan empat calon haji melalui jalur haji plus. Tahun sebelumnya perusahaan memberangkatkan sebanyak 38 orang.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.