90 Ribu Warga Riau Masuk Daftar Tunggu

Pekanbaru, 23/10 (ANTARA) - Sebanyak 90 ribu warga Riau masuk dalam daftar tunggu antrean untuk menunaikan ibadah haji dan jumlah tersebut diperkirakan terus meningkat hingga sepuluh tahun ke depan.
"Sampai dengan hari ini, ada sebanyak lebih dari 90 ribu warga telah terdaftar untuk diberangkatkan ibadah haji secara bertahap," kata Kepala Bidang (Plh) Haji Kantor Wilayah Kementerian Agama Riau, Drs. H. Elwizar, di Pekanbaru, Selasa.
Sementara untuk tahun ini, demikian Elwizar, kuota haji yakni berjumlah sekitar 4.928 dan seluruhnya terpenuhi dengan baik.
Ia menjelaskan, antrean haji di wilayahnya terpenuhi hingga tahun 2022 dan dipastikan akan terus merambat hingga beberapa tahun ke depan.
Elwizar kembali menjelaskan, sampai dengan hari ini masih banyak warga yang terus mendaftar sebagai calon jemaah haji meski harus menunggu lama.
"Untuk warga yang mendaftar menjadi calon haji atau untuk diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah itu bukan tiap tahun atau tiap bulan, namun tiap hari bahkan tiap 'menit'," katanya.
Namun jika dikalkulasikan, lanjut dia, setiap tahunnya juga cenderung mengalami peningkatan jumlah pendaftar haji.
"Keseluruhan merata, yakni dari berbagai wilayah kabupaten/kota namun dominan merupakan warga Kota Pekanbaru," katanya.
Terus meningkatnya jumlah pendaftar calon haji di Riau menurutnya di pengaruhi oleh berbagai faktor, terutama yakni perekonomian masyarakat yang terus meningkat hingga adanya dana talangan haji yang turut mempermuda berbagai kalangan untuk menunaikan Rukun Islam kelima ini.
"Dengan adanya dana talangan haji melalui berbagai perusahaan perbankan ini, warga dapat mendaftarkan diri dan mendaftarkan nomor kursi dengan hanya bermodalkan uang pemula sebesar Rp5 juta saja," katanya.
Hal demikian juga didukung dengan perekonomian warga atau masyarakat yang cenderung meningkat dengan dorongan unit usaha dan jenjang karirnya di masing-masing perusahaan tempat mereka bekerja, jekasnya.
"Jika dirunut dengan jumlah kuota tetap, maka bukan tidak mungkin daftar tunggu haji akan terus bertambah dengan jangka waktu yang terus meninggi. Kalau sekarang itu dipastikan sampai tahun 2022, bisa-bisa dalam tempo beberapa tahun ke depan, akan mencapai tahun 2030," katanya.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.