Setoran Awal BPIH Bakal Naik

Jakarta, 17/10 (ANTARA) - Menteri Agama Suryadharma Ali berencana menaikkan setoran awal biaya penyelenggaraan ibadah haji.
Jika sebelumnya untuk memperoleh kursi keberangkatan ke Tanah Suci calon haji harus menyetor Rp25 juta, pada awal 2013 naik menjadi Rp30-32,5 juta, kata Menag kepada pers di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Rabu, menjelang keberangkatan menuju Tanah Suci bersama rombongan Amirul Haj.
"Insya Allah tahun depan setoran awal BPIH akan dinaikkan menjadi Rp30 juta sampai Rp32,5 juta, ini untuk menekan antrean," katanya.
Saat ini daftar tunggu haji Indonesia mencapai 2 juta orang. Dengan demikian dana setoran awal telah terkumpul mencapai lebih dari Rp42 triliun.
Menurut Menag, semakin besar dana setoran awal yang dikelola Kementerian Agama, semakin besar pula manfaat yang akan diperoleh jamaah haji Indonesia. "Semakin besar subsidi untuk jamaah," ujarnya.
Menteri Agama mengatakan, soal dana setoran awal yang kemudian terkumpul dalam jumlah besar termasuk bunga banknya telah dimanfaatkan untuk jamaah juga. Bunga bank haji yang kemudian disebut dana optimalisasi itu telah dimanfaatkan untuk subsidi jamaah di Tanah Suci.
"Semua subsidi seperti untuk pondokan, airport tax, katering, general fee diambil dari dana optimalisasi. Dana subsidi itu diperkirakan mencapai Rp8,4 juta per orang. Dan tiap tahun kemampuan subsidi itu terus meningkat," katanya.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.