Berhaji Tidak Harus Ke Tanah Suci?

Bengkulu, 26/10 (ANTARA) - Khatib Syaifudin mengatakan, umat muslim tidak harus berhaji ke tanah suci tapi cukup dengan niat dan mengamalkan dana untuk berangkat haji itu kepada orang yang membutuhkannya.
Dalam khotbah pada shalat Idul Adha di Bengkulu, Jumat, ia mencontohkan, seorang tukang sol sepatu Al Hamid berniat menunaikan ibadah haji, tapi belum jadi berangkat karena menunggu giliran.
Tiba-tiba seorang tetangganya sangat butuh uang untuk makan dan kebetulan terkena musibah saat itu, uang hajinya diberikan kepada tetangga yang membutuhkan tersebut.
Perbutannya itu diketahui seorang ulama besar yang mendapat ilham dari malaikat , bahwa Allah pada musim haji saat itu hanya menerima dua ibdah haji dari ribuan umat muslim sedunia.
Salah satunya adalah ibadah haji Al Hamid, kemudian ulama besar itu mencari Al Hamid dan akhirnya bertemu.
Ia bertanya kepada Alhamid, "kapan anda menunaikan ibdhah haji?" ia menjawab belum pernah tapi sebelumnya punya niat, namun tidak kesampaian karena dana untuk haji itu diberikan kepada tetangga yang sangat membutuhkan, katanya.
Berdasarkan kisah itu, maka disimpulkan amal berhaji tidak harus ke tanah suci tapi cukup memberikan amal saleh kepada yang membutuhkan dan sudah punya niat untuk berhaji.
Namun secara garis besar umat muslim yang mampu diwajibkan untuk menunaikan ibdah haji dan berupaya mendapat haji yang mambrur, ujarnya.
Mengenai hari kurban, umat muslim juga wajib berkurban bagi yang mampu dan memberikan dagingnya pada masyarakat membutuhkannya.
Berkuban dalam arti luas dapat dilakukan setiap manunsia, terutama dalam kehidupan sehari-hari termasuk bekerja dijajaran pemerintahan maupu swasta.
Bila budaya kurban dilaksanakan dengan baik Insya Allah budaya korupsi akan habis minmal dapat ditekan, ujarnya.
Gubernur Bengkulu di wakili Sekda Provinsi Bengkulu melaksanakan sahal id di Masjid Raya Padang Harapan dan diikuti seluruh jajaran pemerintah daerah itu.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.