Inilah Jamaah Haji Tertua

Palangka Raya, 10/10 (ANTARA) - Karto Masaid asal kabupaten Kapuas Kalimantan Tengah, merupakan jamaah haji tertua se Indonesia seperti yang tertera dalam identitas kelahiran 1902 atau sudah berusia 110 tahun, kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kalimantan Tengah Djawahir Tantowi di Palangka Raya, Rabu.
Diungkapkan Djawahir, pria asal Magetan tersebut, seorang purnawiran, yang mempunyai daya ingat masih bagus ketika diminta menceritakan pengalaman sewaktu masih aktif sebagai TNI.
Karto tutur Djawahir merantau ke Kalteng pada 1959 dan masih bisa mengingat dengan baik saat bercerita masa penjajahan zaman Jepang.
"Ingatan saya masih bisa bagus hingga saat ini karena selalu melakukan sholat malam dan sabar dalam segala hal,"kata Djawahir meniru yang diucapkan Karto.
Yang membuat Djawahir kagum, karena Karto berjalan tanpa menggunakan tongkat sebagai alat bantu berjalan dan masih sanggup berjalan tanpa perlu dipapah.
Dari 1.349 jamaah haji yang berangkat ke Tanah Suci Mekah, 50 persen berumur diatas 58 tahun, sesuai dengan keinginan Menteri Agama yang ingin menuntaskan pendaftar yang berusia lanjut.
Bagi yang sudah berusia lanjut, disiapkan pendamping untuk menemani selama melaksanakan rukun Islam kelima.
"Alhamdullilah, pemondokan Kalteng paling jauh berjarak dua kilo meter, itupun hanya satu kloter sedangkan yang lainnya radius satu kilo meter,"tuturnya.
"Saat ini kondisi jamaah haji dalam keadaan sehat wal afiat karena petugas haji selalu menelepon ke saya,"ucapnya.
Rombongan terakhir calon jamaah haji kloter Banjarmasin, Kalimantan Selatan, akan berangkat pada 15 Oktober 2012.
Ia menilai pelayanan haji dari tahun ke tahun semakin bagus dan ada perbaikan, salah satunya karena pada tahun ini ada penambahan pemberian makanan kecil kepada para jamaah di Arafah, Mina.
Share:

No comments:

Post a Comment

 photo iklan-instagram_zpsijgophla.gif

Terpopuler

Berita Haji 2012

Tips Haji dan Umrah

Kisah dari Tanah Suci

Manasik Haji dan Umrah

Photobucket

Labels

Blog Archive

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.